Yuk Ngobrol Santai IDFB di Voice of Indonesia : Bisnis Kukis Menjelang Hari Raya

Sudah menjadi tradisi di Indonesia ketika Hari Raya datang, para ibu rumah tangga menyiapkan hidangan-hidangan yang disediakan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah.
Setiap daerah memiliki hidangan khas masing-masing. Selain ketupat, lontong, burasa dan lauk-lauk pelengkapnya, Hari Raya identik dengan jajaran toples-toples yang berisi kue kering atau makanan kering lainnya.

Sebut satu nama makanan kering atau kukis asli Indonesia, Kue Bangkit. Berbagai resep kue bangkit kita bisa temui seperti kue bangkit sagu, kue bangkit betawi, kue bangkit gula merah, kue bangkit kelapa, kue bangkit medan, kue bangkit melayu, kue bangkit makassar dan sebagainya. Itu baru kue bangkit. Belum lagi kue atau kukis yang menggunakan bumbu-bumbu khas Nusantara lainnya seperti kue kacang dan semprit nanas. Ibu-ibu Indonesia yang kreatif dapat membuat aneka kue kering hidangan Hari Raya meski di dapur hanya ada tepung terigu, gula dan kelapa.

Kue Bangkit

Kue kering atau kukis memiliki bentuk, rasa dan ingredient yang bermacam-macam. Biasanya bahan utama adalah terigu, gula, kelapa dan lemak. Bahan tambahannya juga bisa macam2, seperti kacang-kacangan, manisan, cokelat, kismis dll. Terigupun ada bahan penggantinya seperti tepung dari singkong, sagu, tepung beras dll

Kenangan masa kecil ketika kita membantu nenek atau ibu ketika membuat kue kering atau kukis merupakan kenangan yang tidak dapat dilupakan. Tradisi membuat kue kering atau kukis sudah mendarah daging di Tanah Air.

Dengan makin mudahnya interaksi antar negara,resep-resep kue kering atau kukispun mendapat pengaruh dari luar. Inovasi juga terus dikembangkan. Industri kue kering/kukis berkembang dengan pesat, terutama pada saat menyambut Hari Raya.

Arni – seorang penggiat kue kering, mentor/guru yang mengajarkan bagaimana membuat bermacam kue kering dan mengoptimalkan menjadi ide bisnis yang luar biasa, merangkap food blogger dari Indonesian Food Blogger akan bercerita mengenai kue kering atau kukis yang menjadi tradisi hidangan Hari Raya juga akan bercerita mengenai riuh rendahnya bisnis kue kering atau kukis pada saat Hari Raya di Indonesia. Yuk kita tonton wawancara yang menarik ini di Voice of Indonesia.

Voice of Indonesia bisa diakses melalui live streaming voinews.id dan aplikasi RRIplay Go

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *