Review Instant Pot Electric Multifunctional Cooker, Siapapun Bisa Jadi Chef Instant!

Multifunctional cooker Instant Pot adalah alat masak canggih yang memiliki 7 hingga 9 fungsi memasak hanya dalam satu perangkat, masak lebih cepat, sehat, dan lezat, yuk pakai Instant Pot!

Mungkin, banyak dari kita mengaku malas untuk memasak sendiri, karena ribetnya persiapan yang harus dilakukan sebelum masak. Nggak hanya itu, teknologi yang berkembang saat ini juga memudahkan kita  untuk membeli makanan di luar, sehingga tak perlu repot lagi memasak. Tapi, terus-menerus membeli makanan bisa membuat kita semakin boros. Untuk itu, Instant Pot multifunctional cooker mungkin bisa menjadi pilihan untuk masak antiribet.

Instant Pot merupakan multifunctional cooker nomor 1 di Amerika. Ini bisa menggantikan rice cooker dengan yang lebih multifungsi di dapur, sehingga, kita nggak cuma bisa masak nasi, tapi berbagai masakan lainnya hanya dengan satu alat masak.

Sebagai multifunctional cooker, Instant Pot tersedia dalam dua tipe, yang pertama ada Instant Pot Duo Plus 9-in-1 dan Instant Pot Duo 7-in-1. Kedua-duanya sangat membantu dalam proses memasak makanan, bahkan makanan yang “berat” seperti rendang!

Instant Pot Duo 9-in-1

Menjadi salah satu produk best seller, Instant Pot Duo 9-in-1 sangat cocok untuk melengkapi dapur kita. Ini karena, Instant Pot Duo Plus 9-in-1 bisa gantikan fungsi 9 alat masak! Nggak cuma hemat waktu, penggunaan Instant Pot Duo Plus 9-in-1 juga pastikan kita hemat energi, bahkan sampai 70%, lho!

Fungsi dalam Instant Pot

Ada 9 fungsi memasak yang bisa digunakan dalam Instant Pot Duo Plus 9-in-1, yakni:

  • Pressure Cooker
  • Rice Cooker
  • Slow Cooker
  • Yogurt Maker
  • Cake Maker
  • Steamer
  • Saute Pan
  • Food Warmer
  • Sterilizer

Kita langsung bisa jadi chef instant hanya dengan satu alat masak multifungsi ini. Nggak sampai di situ aja, Instant Pot Duo Plus 9-in-1 juga memiliki 15 Smart Program, yang bisa bantuin kita untuk masak lebih cepat, sehat, dan lezat.

Salah satu fungsi terbaik dari Instant Pot Duo Plus 9-in-1 ini adalah pressure cooker. Dengan menggunakan uap bertekanan tinggi, ini bisa membantu masakan kita matang secara merata dan mendalam. Daging menjadi lebih empuk dengan cita rasa yang lebih lezat.

Ada dua tingkat tekanan yang bisa dipilih, yakni:

  • Tekanan rendah 5,1–8 psi (35–55 kPa), bisa digunakan untuk memasak ikan dan makanan laut, sayuran, dan nasi.
  • Tekanan tinggi 9,4–12,3 psi (65–85 kPa), bisa digunakan untuk memasak telur, daging merah, daging unggas, sayuran akar, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, kaldu, tulang, dan rebusan.

Cara Penggunaan Instant Pot

Cara menggunakannya pun sangat mudah, jika ingin menggunakan mode pressure cooker, kamu hanya perlu meletakkan daging atau makanan lainnya ke dalam pot lalu ditambahkan air minimal 350 ml, setelahnya, tutup Instant Pot dengan mencocokkan segitiga kecil di atas tutupnya dengan segitiga kecil di badan perangkat Instant Pot.

Setelah tutup terpasang dengan rapat, kamu akan mendengar sedikit nada. Meski begitu di tahap ini, tutup Instant Pot belum terkunci, sehingga kamu harus memutarnya untuk mengunci tutup dengan sempurna. Saat mengunci tutup, katup udara Instant Pot 9-in-1 sudah akan otomatis menyegel, sehingga Instant Pot aman untuk digunakan memasak.

Tahap selanjutnya, kamu tinggal menekan tombol “pressure cook” dan mengatur waktu memasak yang diperlukan. Setelahnya, atur temperatur memasak, kamu bisa memilih baik itu tekanan rendah atau tekanan tinggi sesuai dengan kebutuhan memasak kamu, dan akhirnya, tekan tombol “start” untuk memulai mode memasak.

Bagaimana, mudah bukan? Kamu cuma perlu cemplang-cemplung bahan masakan kamu, dan dengan sekejap, kamu bisa masak lebih cepat, sehat, dan lezat.

Nggak sampai di situ aja, Instant Pot bahkan juga memiliki mode “delay start”, yang bisa kamu manfaatin kalau mau mempersiapkan masakan di waktu tertentu, ketika kamu sedang tidak bisa masak. 

Misalnya, nih, kamu mau masak buat sahur, sementara mata udah berat banget dan susah diajak kompromi, nah, kamu bisa manfaatin mode “delay start” dari Instant Pot dengan cara melakukan step-by-step penggunaan mode press cook, lalu alih-alih menekan tombol start, kamu bisa menekan tombol “delay start”, setelahnya atur waktu memasak, misalnya 3 jam atau 5 jam lagi. Hasilnya, masakan kamu sudah siap disantap saat waktu sahur tiba, tanpa kamu perlu ribet-ribet lagi memasaknya.

Ada lagi nih, yang lebih keren dan nambah alasan kenapa kamu harus beli Instant Pot. Buat kamu yang masih takut-takut mau masak, tenang aja, bersama Instant Pot yang punya 10 mekanisme keamanan, kamu bisa masak jauh lebih nyaman.

Safety FItur Instant Pot

Ada 10 mekanisme keamanan yang diandalkan oleh Instant Pot, yakni:

Pelepas uap

Berfungsi melepaskan tekanan berlebih dengan mengeluarkan uap melalui katup/pegangan pelepas uap.

Anti-block shield

Penutup baja tahan karat yang dapat mencegah partikel makanan memasuki pipa pelepas uap, sehingga dapat mengurangi risiko penyumbatan.

Kunci tutup pengaman

Saat Instant Pot diberi tekanan, tutupnya akan terkunci secara otomatis, untuk mencegah pembukaan pada perangkat Instant Pot kamu. Jangan pernah mencoba membuka paksa tutupnya saat penanak nasi sedang bertekanan, ya.

Deteksi posisi tutup

Jika tutup tidak dalam posisi aman untuk memasak dengan tekanan, penanak nasi tidak akan membiarkan proses masak dimulai, jadi kamu nggak perlu cemas.

Kontrol suhu otomatis

Berfungsi untuk mengatur pemanasan guna memastikan panci bagian dalam tetap berada dalam kisaran suhu yang aman, berdasarkan program memasak yang kamu pilih.

Perlindungan overheat

Overheating dapat terjadi jika:

  • Setelah menumis, panci bagian dalam belum mengalami deglazed, dan makanan menempel di bagian bawah.
  • Penanak bertekanan dioperasikan tanpa cairan yang cukup
  • Panci bagian dalam tidak benar-benar bersentuhan dengan elemen pemanas
  • Panci bagian dalam mengalami masalah distribusi panas, seperti saat tepung kanji menumpuk di dasar panci bagian dalam. Kompor akan mengurangi risiko makanan gosong dengan menurunkan keluaran panas.

Kontrol tekanan otomatis

Mempertahankan tingkat tekanan kerja. Menunda pemanasan jika tekanan melebihi batas tingkat tekanan.

Sekring listrik

Memutus aliran listrik jika arus listrik melebihi batas aman.

Thermal fuse

Memutus daya jika suhu internal melebihi batas aman.

Deteksi kebocoran pada tutup

Jika ada kebocoran uap dari tutupnya (seperti cincin penyegel tidak terpasang, atau pegangan pelepas uap berada di posisi “Venting” dan bukan “Sealing”), Instant Pot tidak akan memberi tekanan. Kehilangan uap dapat menyebabkan makanan gosong. Instant Pot akan memantau waktu preheating dan menurunkan keluaran panas jika tekanan tidak tercapai dalam 40 menit

Instant Pot sebagai merek multifunctional cooker terbaik, bisa jadi pilihan cerdas untuk lengkapin dapur kamu. Yuk, ganti rice cooker-mu dengan yang multifungsi, karena nggak cuma hemat waktu, tapi penggunaan Instant Pot bisa lebih hemat energi bahkan sampai 70%, lho! Tentunya multifunctional cooker USA ini bisa jadi best deal kamu dan keluarga kamu.

Masak gaya baru, yuk, andelin Instant Pot!

Sumber Referensi: https://blog.sesa.id/wp-content/uploads/2023/02/Instant-Brands-Deck-Duo-Duo-Plus-_Indonesia.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *