Spaghetti Aglio Olio dan Spaghetti Bolognaise dengan Ohayo Double Bowl dari Swanz

Hai teman-teman IDFB-er, apa kabarnya semua? Semoga teman-teman IDFB tetap jiwa raga yang ‘strong’ terutama para ibu-ibu yang anak-anaknya mulai masuk sekolah kembali setelah sekian lama belajar secara online. 

Yang tadinya kita masak santai saja karena toh anak-anak makan di rumah, sekarang gimana rasanya grabak-grubuk bangun sebelum subuh untuk siapkan bekal makanan terbaik buat dibawa ke sekolah ? Pasti seru, kan ya.

Mempersiapkan bekal makan sekolah bukanlah hal yang mudah karena ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Menyusun bekal makan siang yang seimbang dan sehat sembari memikirkan apa yang benar-benar akan dimakan oleh anak-anak adalah bagian yang tersulit. Kita sudah siapkan capek-capek, eh tidak dimakan. Bisa jadi bukan karena rasa yang kurang enak, tapi anak-anak cenderung visual dalam menilai suatu hal. Kalau penampakan kurang menarik, mereka tidak mau sentuh.

Di sisi lain, kita sebagai orang tua juga sedapat mungkin mengefisienkan cara dalam mempersiapkan menu masakan. Kita bisa memasak dalam jumlah besar, setelah dingin kita bisa membagi dalam beberapa wadah dan kita simpan di lemari pendingin. Contohnya, kita bisa merebus pasta dalam jumlah besar seperti spaghetti, macaroni, fetucini, lalu kita bagi-bagi dalam beberapa wadah yang kita simpan dalam lemari pendingin. Pada saat kita membuat bekal, kita tinggal memasak sausnya. Pasta bisa dipanaskan di microwave ataupun dicampur dengan saus panas. Dengan cara demikian, kita bisa menghemat waktu.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kita bisa menyiapkan bekal makan siang terbaik untuk buah hati kita.

  1. Siapkan lunchbox yang menarik dan mudah dibuka oleh anak-anak

Terutama untuk anak-anak yang masih kecil, harus diperhatikan agar kotak bekal makan siangnya menarik, mudah dibuka serta tidak bocor. Kalau perlu ajarkan cara membuka kotak bekal makanan, cara makan dengan kotak tersebut, dan bagaimana cara membersihkan kotak bekal setelah makan.

Lunch box sebaiknya dapat menjaga masakan agar tetap bagus ketika akan disantap. Bahan lunch box juga tidak berbau sehingga mempegaruhi cita rasa masakan.

  1. Buat perencanaan selama 1 minggu atau jangka waktu tertentu

Perencanaan dalam menyiapkan makanan akan mempermudah dan mempersingkat waktu. Tanpa perencanaan, sering kali kita membuka lemari pendingin lalu bingung mau masak apa. Yang tadinya sudah dipikirkan mau buat ini mau buat itu tiba-tiba ide menghilang seketika kita sudah di dapur. Sering gitu, gak sih ? Nah, daripada ide yang sudah ada terbang entah ke mana, lebih baik ide-ide tersebut dituliskan dalam satu kalender perencanaan. Tentu saja bahan masakan yang kita siapkan atau yang tersedia di lemari penyimpanan sesuai dengan ide kita.

Dengan ‘lunch box planner’ seperti ini, dapat menghindari anak-anak dari rasa bosan bila menu hampir selalu sama atau berulang dalam waktu yang dekat.

  1. Siapkan bekal makanan bersama anak-anak

Libatkan anak-anak dalam menyiapkan bekal makanan mereka. Anak-anak bisa diminta untuk mengisi botol minum, menambahkan snack dalam compartment snack atau menambahkan buah potong. Tentu saja ini bisa dilakukan kalau anak-anak sudah siap dengan seragam sekolah. Mudah-mudahan anak-anak bisa bangun lebih pagi, bisa mandi lebih cepat, segera sarapan dan bisa ikut menyiapkan bekal makanan, agar bisa berangkat sekolah dengan tenang dan sampai di sekolah tepat waktu.

  1. Habiskan bekal !

Anak-anak harus diberi semangat untuk makan dengan baik dan menghabiskan bekal makan siang mereka. Selain baik untuk diri sendiri, anak-anak juga belajar untuk menghargai orang-orang yang sudah menyiapkan bekal makan siang. 

Berikut ini saya share resep spaghetti yang cepat cara pembuatannya. Saya merebus satu pack spaghetti ukuran 450 gram, lalu membagi jadi dua bagian. Satu bagian saya buat menjadi Spaghetti Agio Olio dan satu lagi saya masak menjadi Spaghetti Bolognaise.

Selain unsur bawang putih dan garam, saya tambahkan kecombrang, cabe rawit dan suwiran daging ayam. Kecombrang akan memberi aroma rasa yang unik dan kuat. Berikut resepnya:

Spaghetti Aglio Olio

Bahan:

  • 225 gram spaghetti, rebus dalam air yang diberi garam
  • 5 siung bawang putih, rajang halus
  • 5 siung cabe rawit, rajang
  • ½ Bunga kecombrang, iris
  • Ayam goreng, suwir-suwir
  • Nori siap makan dirajang, atau bisa menggunakan BonNori
  • Olive oil
  • Bumbu Italia bubuk

Cara pembuatan:

  1. Panaskan olive oil sebentar, masukkan bawang putih, tumis hingga wangi
  2. Masukkan cabe rawit, ayam, bunga kecombrang
  3. Masukkan bumbu italia bubuk
  4. Masukkan spaghetti, aduk hingga rata
  5. Masukkan lada dan garam, aduk hingga rata
  6. Taburi nori siap pakai
  7. Selesai 

Sementara untuk membuat Spagheti Bolognaise sama mudahnya dengan menggunakan pasta yang sudah direbus sebelumnya.

Kita tinggal menumis bawang Bombay, masukkan daging cincang dan bumbu bolognaise siap pakai. Masukkan spaghetti, aduk hingga rata. Taburi keju parut. Ta ..daa … Spaghetti Bolognaise siap dihidangkan.

Bekal makan siang tinggal ditambahkan dengan buah-buahan. Supaya anak-anak terhindar dari dehidrasi, jangan lupa untuk membawakan botol minuman dari rumah.

Bekal makanan bisa dikemas dengan menggunakan lunch box yang memiliki kualitas yang bagus, seperti produk dari Swanz.

Saya mau cerita sedikit tentang Ohayo Double Bowl Set dari Swanz, nih.

Didirikan pada tahun 2009, Swanz adalah brand internasional yang berasal dari Singapura dan kini telah hadir di Indonesia! 

Swanz memproduksi perlengkapan minuman dan makanan yang aman untuk pemakaian sehari-hari 

Swanz bertujuan untuk meminimalkan asupan bahan kimia ke tubuh dengan menggunakan bahan yang tepat, terutama porselen, yang tidak menghasilkan reaksi kimia apapun. Swanz telah hadir di negara lainnya juga seperti Jepang, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, US, dan Korea. 

Kenapa Porselen?

Berikut produk-produk dari Swanz

  1. Food Warmer (SY-014)

Terbuat dari 304 Stainless Steel yang high-grade dan berinsulasi vakum Dapat menahan suhu makanan sampai 8 jam! Dapat digunakan untuk memasak makanan langsung dengan cara menyeduh

Porselen Bowls terbuat dari 100% Porselen Halus yang berpori lebih kecil dibandingkan keramik sehingga lebih mudah dibersihkan, tidak meninggalkan noda & bau Bergagang stainless steel yang dilapisi silikon tahan panas dan dapat dilepas untuk memudahkan memasukan ke Food Warmer dan memudahkan pembawaan Mangkuk dapat dimasukkan microwave, oven, & steamer (Ketahanan suhu porselen: -40C sampai 1000C)

  1. Ohayo Double Bowl Set (SY-303)
  • Berbahan porselen seperti penjelasan di produk sebelumnya, 
  • Dilengkapi dengan cover silicon yang tahan panas hinggal 150 derajat celcius.
  • Bowl dilengkapi dengan gagang
  • Kitchen friendly – aman dimasukkan ke microwave, oven, steamer. (Lepaskan silicon saat dimasukkan ke peralatan yang melebihi 150 derajat celcius.
  • Dilengkapi dengan tas serut bermotif Jepang “Seigaiha”
  • Dilengkapi dengan alat makan porselen (sendok dan sumpit)
  1. Nest Cup (SY 201)
  1. 2 in 1 Travel Cup

Cup Dalam: Cup Porselen Halus 

  • Bebas BPA & Kimia 
  • Aman untuk segala bahan minuman, bahkan makanan 
  • Berpori kecil: mudah dibersihkan, tidak meninggalkan noda & bau 
  • Microwave-safe 

Cup Luar: Cup Stainless Steel 

  • Berinsulasi vakum untuk menahan suhu minuman sampai 6 jam

Cara Penggunaan

Aksesoris Tersedia

  • Tutup Tritan yang anti-bocor, dengan mouthpiece & plug microwave 
  • Strainer / Saringan untuk Daun Teh & Es Batu (lengkungan kecil untuk menahan daun teh, lengkungan besar untuk menahan es batu) 
  • Sedotan Silikon yang bebas BPA & fleksibel (cara pemasangan sedotan : tonton disini mulai dari 2:05) 
  • Nest Cup Pouch / Tas Gantung

Buat teman-teman yang ingin memiliki produk Swanz bisa banget memanfaatkan promo dari Swanz dengan diskon sebagai berikut 

Kokoro Food Warmer Series: up to 35% 

Ohayo Bowl Series: up to 10% 

Nest Cup Series: up to 25%

Selain diskon produk yang sudah disebutkan di atas, khusus untuk members / followers IDFB akan mendapatkan EKSTRA POTONGAN 5% menggunakan kode: SWANZIDFB jika melakukan pembelian di Official Website Swanz  *Kode berlaku sampai 5 Oktober 2022. 

Gak cuma di official website aja, bunda juga bisa membeli produk ini melalui Shopee, Tokopedia, Blibli, atau Lazada melalui link ini ya

Yuk, bunda-bunda. Tetap semangat yaa menyiapkan bekal makan anak-anak kita tercinta.