Kopi Ro Teh, Kuliner Asik Dalam Balutan Koleksi Antik

Penulis: Rifia Nisya

Di pinggiran rel kereta yang tenang, di kawasan persawahan yang asri, terdapat sebuah tempat makan tersembunyi yang mengundang untuk dijelajahi. Sebuah kafe sekaligus restoran di pedesaan yang mengusung konsep tradisional, dipadukan dengan sentuhan modern yang menarik. Menawarkan pengalaman makan yang unik di tengah pesona alam, tempat ini terasa sangat nyaman. Lokasinya berada di barat Pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Sedayu, Bantul, Yogyakarta. KOPI RO TEH menjadi pilihan tempat untuk menepi…

SAMBUTAN HANGAT DAN SUASANA MEMIKAT

Saat tiba di KOPI RO TEH, pintu gerbang kayu menyambut setiap tamu yang berkunjung. Bangunan bertingkat bergaya vintage dengan dinding yang dipenuhi batu-batu alam seolah mencuri pandangan mata. Tatapan langsung teralihkan ke bangunan gagah itu.

Tapi, bagian bawah bangunan yang merupakan garasi semi terbuka, juga tak kalah mengejutkan. Ibarat museum, jajaran mobil klasik nan antik koleksi pemiliknya memenuhi area dalamnya, lukisan-lukisan, serta ornament tradisional di sana menjadi spot foto yang keren.

Berikutnya, patung sapi yang menarik pedati memikat netra para petandang. Si sapi tak sendiri, ada beberapa patung serupa di sana. Yang bikin tercengang, ada robot-robot transformer di sana. Seolah berjaga menghadapi serangan musuh yang datang sesewaktu.

Alih-alih terasa gerah, suasana di luar ruangan justru teduh, lega sekaligus nyaman. Hadirnya pepohonan yang rindang, juga taman, turut mendukung suasana sejuk nan syahdu. Di area outdoor inilah spot makan favorit para pengunjung.

Area tempat makan tak terasa monoton, variasi meja kursi jadul dari kayu antik dan batu-batu besar.Ada pilihan tempat makan semi outdoor, yaitu bangunan kayu klasik jawa, atau di gazebo. Jika ingin privasi, ada ruangan indoor bergaya klasik yang bisa digunakan.

Area terbuka di sisi lainnya tak kalah unik. Disamping meja-meja lebar yang bisa digunakan rombongan, ada gerobak sapi warna-warni yang telah diubah menjadi tempat makan. Area ini istimewa, karena dari sini pengunjung dapat menyaksikan kereta yang tengah melaju.

SAJIAN ANDALAN DAN PILIHAN

Sesuai tajuknya, tempat ini menyajikan aneka minuman kopi dan teh, serta aneka pilihan minuman lainnya. Untuk makanannya, didominasi dengan berbagai menu menggoda selera, semuanya bernafas Nusantara. Tinggal pilih saja, ingin mencicipi yang mana?

Signature menu yang disajikan sebuah café atau restoran patut dicoba. Untuk minuman, ada enam pilihan utama yang bisa dipilih. Hiluman, minuman dingin dari kopi dan strawberry, dengan campuran lemon, sedikit asam namun menyegarkan.

Aruma, cocok untuk pecinta kopi susu gula aren dengan tambahan kayu manis yang khas. Peach Blum, terbuat dari ekstrak buah persik, dengan potongan buah persik asli. Honey Crysanthemum, teh bunga krisan dengan pemanis madu alami.

Berikutnya, minuman favorit di KOPI RO TEH, Gresso. Terbuat dari dari air kelapa asli dengan sensasi peppermint yang menyegarkan. Strawberry Mojito, minuman soda dengan rasa strawberry, manis segar dengan sensasi meletup di mulut.

Tersedia pula aneka teh dan kopi. Seperti teh poci, teh tubruk, aneka teh rempah, teh dengan rasa, yang diracik dari teh-teh pilihan. Diantaranya black tea yang didatangkan langsung dari Sumatra. Atau biji kopi robusta dan kopi arabika dan penjuru Nusantara.

Pecinta kopi juga bisa memilih menu kopi, espresso based, manual brew, ice coffe, hingga coffee blend. Minuman lainnya? Ada milk based, squas, smoothies, fresh juice, hingga milk blend. Sangat lengkap… Bandrol minuman mulai dari Rp22.000,- 

Untuk makanan, ada beberapa menu makanan ringan (pendamping) dan makanan berat (utama) yang bisa dipilih. Di jajaran makanan ringan ada sukun goreng, jamur goreng, pisang goreng kipas, dan menu kudapan seperti bakwan, tempe bacem, ceker dower, singkong balado, dan lainnya.

Untuk menu utama yang mengenyangkan ada banyak pilihan. Salah satu yang favorit adalah Lontong Cap Gomeh, sayur labu siam dan sambal goreng ati, dengan kuah santan yang ringan, dimakan bersama dengan potongan lontong. Gurih, sedikit pedas, membuat mulut terus mengunyah.

Pilihan menu lainnya ada paket ayam gurih. Terdiri dari nasi dan ayam goreng, dengan paduan rebusan kangkung dan jipang, serta tahu, tempe, dan terong yang digoreng. Ditambah dengan racikan sambal spesial pedas gurih nagih menjadi ciri khas menu ini. 

Primadona selanjutnya yaitu Kaki Lembu Purba. Iga, kikil, sumsum, dan engkel sapi yang bersatu, dengan balutan kuah rempah yang kuat. Aroma masakan ini harum menggelitik indra penciuman, menggugah selera makan. Bisa pilih makan pakai nasi atau lontong…

Selain itu, ada rekomendasi menu lainnya, diantaranya sop iga, soto ayam, nasi bakar, kwetiaw goreng, nasi goreng spesial, nasi ayam kremes, bihun rebus/goreng, mie tek-tek rebus/goreng, nasi babat madura, paket ikan nila atau lele goreng/bakar, dan masih banyak lagi.

Nikmati fasilitas lengkap dari Kopi Ro Teh: tempat parkir yang luas, playground dan mini zoo untuk anak-anak, toilet yang bersih, mushola yang tenang, koneksi wifi gratis dengan akses yang cukup kencang. Ada gazebo dan pendopo yang dapat dipakai untuk gathering ramean.

Spot-spot foto di sini juga menarik dan beragam, dijamin hasil fotonya keren dan estetik. Seru kan? Agendakan makan dan berwisata ke Kopi Ro Teh, bersama teman, sahabat, keluarga, maupun rekan kerja. Nikmati hidangan enak nan lezt tak terlupakan dengan suasanan sawah, alam pedesaan…

Alamat Kopi Ro Teh

Jl. Sengon Karang No. 16, Sedayu, Bantul, DIY.

Buka: Senin – Jumat jam 09.00-22.00, Sabtu – Minggu jam 06.00-22.00

One thought on “Kopi Ro Teh, Kuliner Asik Dalam Balutan Koleksi Antik

  1. Semua makanan & minuman yg disajikan benar2 menggugah selera, kayaknya perlu dicoba nih… cuss ahhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *